Rabu, 07 Mei 2014

Data Base Toko Material

Apa Itu Basis Data ???
Basisdata  adalah kumpulan  informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil queri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).
Sekarang saya Mau Posting, Bagaimana ?? Membuat Data Base atau Pengolahan Data Toko Material Dengan Menggunakan Ms.Acces 2007
1. Relasi
  • Pembeli Melakukan Transaksi (Membeli)
  • Karyawan Mencatat/Melayani Transaksi Semua Pembeli
2. Aturan Bisnis
  • Toko Menyediakan/Menjual Barang-Barang Bangunan
  • Pembeli Dapat Membeli Semua Barang Yang ada di Toko
  •  Karyawan/Kasir Melayani Pembeli dan Mencatat Penjualan di Toko
3. ERD (Entitas Relation Diagram)
KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR
4.Atribut
  • Tabel Barang : (kode_Barang, Nama_Barang, satuan, Jumlah_Beli, Harga_Beli, Harga_Jual)
  • Transaksi : (Kode_Barang, Tanggal, Id_Pembeli, NIK)
  • Penjualan : (Kode_Barang, Nama_Barang, Satuan, Jumlah_Jual)
  • Karyawan : (NIK, Nama_Karyawan, Bagian)
  • Pembeli : (Id_Pembeli, Nama_Pembeli, Alamat)

5. Struktur Tabel 
Sekarang Buatlah Tabel-Tabel Sesuai Data di Bawah INI:
6. Relationship
Buatlah Relasi  Seperti Gambar dibawah Ini 
Seteelah Kita Membuat Tabel-Tabel dan Relationship Kita Lanjut Membuat Query 
7. Query 
  • Query Seluruh Total Barang
Buatlah Query Seperti Gambar Dibawah ini 
  • Query Penjualan Karyawan
Buatlah Query Seperti Gambar Dibawah ini 
  • Query Seluruh Penjualan
Buatlah Query Seperti Gambar Dibawah ini 
  • Query Seluruh Pembeli/Pelanggan
Buatlah Query Seperti Gambar Dibawah ini 
  • Query Keuntungan Toko
Buatlah Query Seperti Gambar Dibawah ini 
Saya haraf teman-teman sudah pada bisa bagaimana cara menginput data-data nya, Jadi saya sengaja lewat karna saya pikir teman-teman sudah pada mengerti dan handal dalam membuat Data Base dengan Ms.Acces 
8.Switcboard
          Menu utama yang berupa SWITCHBOARD digunakan agar pemakai / User dapat dengan mudah menjalankan program yang telah dibuatnya dengan Microsoft Access ini, dan dengan menu ini User juga bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dengan sangat mudah.
Dan saya lewat juga cara membuat Swithcboard , karna saya tau teman-teman sudah pada bisa dan mahir
Dan Seperti Ini Switcboard Yang Saya Buat , Lihat Gambar Dibawah Ini :
  • Gambar Menu Utama
  • Menu Data Barang
  • Menu Data Karyawan
  • Menu Transaksi Penjualan dan Pembeli
  • Menu Laporan
  1. Laporan Seluruh Penjualan diambil dari Query Seluruh Penjualan
  2. Laporan Seluruh Pembeli diambil dari Query Seluruh Pembeli
  3. Laporan Keuntungan diambil dari Query Keuntungan
  4. Laporan Penjualan Karyawan diambil dari Query Penjualan Karyawan

Mungkin cukup sekian postingan saya kali ini ,dan apabila teman-teman ada yang bingung dengan postingan saya,teman semua bisa bertanya melalui comment , dan saya minta maaf apabila ada kata-kata yang kurang baik karna saya pun masih belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar